Prose #1

Dalam setiap langkah perjalanannya, dia menjadi pusat perhatian orang sekitar. Banyak yang kagum di saat tidak sedikit juga yang iri hati padanya. Sebagian orang menganggapnya sombong ketika melihat tegapnya dia berjalan. Sebagian lagi melabelinya kalangan berada ketika melihat aksesoriesnya. Update di sosial medianya menjadi incaran untuk bahan perbincangan. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau.

Kuharap mereka tau. Ketika kecil dia mendapatkan banyak aturan yang membuatnya perfeksionis. Perfeksionis yang sebenarnya melukai mentalnya. Cuek menjadi harapannya agar tidak peduli anggapan orang. Dia merasa harus bisa menyenangkan semua orang, disukai semua orang. Sempurna

Kuharap mereka tau. Kesibukan sang Ayah membuat dia harus kuat. Kuat melindungi dirinya. Kuat mencari kiblat panutan. Kuat menghadapi persoalan yang dihadapi. Dan terlebih lagi kuat menghadapi kesendirian. Kesendirian yang telah lama menjadi musuhnya namun selalu bersamanya. Kuat.

Kuharap mereka tau. Uang memang bukan segalanya, tapi kini segalanya butuh uang. Beasiswa yang telah dia dapat, tak didapat begitu saja. Beasiswa tersebut diboncengi oleh tuntutan-tuntutan yang sejujurnya tidak sejalan dengan kata hatinya. Namun tak apa, buah manis dari penghematannya membuat dia dapat membantu kehidupan keluarganya. Walaupun mereka hanya hanya melihat hasilnya. Pengorbanan.

Kuharap mereka tau. Tau dia saat bersama kesendiriannya di ruang kamar kost sempitnya. Tau doa-doa yang dia panjatkan dalam setiap doanya. Tau lukanya yang terselimuti senyum. Dan banyak hal yang membuat dia rapuh seperti sekarang ini. Namun apa mereka perlu tau? Untuk apa? Lebih baik dia sembunyikan dalam dramanya agar tidak memberikan beban ke orang lain. Toh kita semua  dalam kehidupan ini. Tersenyum.

Kenyataannya tak sejalan dengan yang terlihat. Bersyukur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s